Mungkin bagi sebagian
orang nama Masashi
Kishimoto terdengar
asing. Namun bila
menyebut nama ‘Naruto’
pastilah sebagian besar
orang di dunia, terutama
penggemar anime Jepang
familiar dengan nama
tersebut. Ya, Masashi
Kishimoto adalah otak
dibalik kesuksesan
Naruto.
Masashi Kishimoto lahir di
prefektur Okayama,
jepang, 36 tahun silam. Ia
mempunyai adik kembar
bernama Seishi Kishimoto,
juga merupakan seorang
komikus yang telah
menelurkan sebuah karya
manga bertajuk O-Parts
Hunter / 666 Satan.
Saat kecil, Kishimoto-
sensei sangat suka
menonton anime. Salah
satu kegemarannya
adalah serial anime
Doraemon. Semua teman-
teman Kishimoto pun
menggemari karakter
robot tersebut dan
mereka semua suka
menggambar karakter-
karakter dalam serial
tersebut. Namun di antara
mereka, Kishimotolah
yang paling perfeksionis,
ia suka protes saat
temannya salah
menggambar karakter-
karakter tersebut., lalu ia
akan menunjukkan pada
mereka cara gambar yang
benar.
Ketika bersekolah pun
Masashi Kishimoto lebih
suka menggambar
ketimbang menyimak
pelajaran. Bahkan ada
cerita tentang dirinya
yang tetap menggambar
selagi bermain petak
umpet, menunggu dirinya
ditemukan oleh teman-
temannya. Anime
kesukaan Kishimoto
selama SD adalah
Doraemon, hingga pada
suatu hari ia menyaksikan
anime Mobile Suit
Gundam. Kishimoto mulai
mengalihkan gambarnya
dari karakter Doraemon
yang simpel dan jenaka
menjadi gambar Gundam
yang lebih kompleks dan
sangar.
Lalu pada
perkembangannya,
muncul lagi anime baru
karangan Akira Toriyama
(pencipta Dragon Ball),
yakni Dr.Slump. Kishimoto
mengagumi gaya
menggambar Toriyama-
sensei dan mulai
mempelajari dan
menggambar karakter
dalam anime tersebut.
Kishimoto sendiri
mengaku dirinya sangat
terobsesi pada Toriyama-
sensei. “Beliau bagaikan
dewa bagiku, aku selalu
menggambar tiap karakter
yang bermunculan dalam
Dragon Ball. ” ujarnya
suatu ketika. Kekaguman
itu juga menjadi titik awal
niat Kishimoto sebagai
komikus. Ia bertekad akan
menjadi pembuat manga
yang terkenal layaknya
Akira Toriyama. Karya
pertama Kishimoto adalah
‘ Hiatari-Kun’ yang
mengisahkan tentang
seorang ninja remaja.
Namun ketika memasuki
Sekolah Menengah
Pertama, perhatian
Kishimoto teralih oleh
Baseball. Dirinya hampir
tidak pernah menggambar
karena tidak ada waktu.
Namun suatu hari, ia
melihat sebuah poster
anime yang memiliki
gambar karakter yang
kuat. Anime tersebut
berjudul ‘Akira’ karya
Katsuhiko Ootomo.
Kishimoto
memandangnya dengan
terkesima dan
semangatnya untuk
menjadi seorang komikus
kembali menyala-nyala.
Kishimoto mulai
menggambar-ulang
karakter-karakter dalam
manga ‘Akira’, namun kali
ini, seberapa pun ia
berusaha meniru,
gambarnya tidak pernah
bisa mirip. Hal ini wajar
karena ‘Akira’ adalah
salah satu manga yang
paling orisinil hingga saat
ini. Efek, desain dan
konsep karakternya lain
dari manga yang lain.
Dari ‘Akira’ lah Kishimoto
tertantang untuk
menciptakan karakter
orisinil nya sendiri dengan
gaya menggambarnya.
Namun ia tak sanggup
mengalihkan pikirannya
dan menghabiskan sisa
masa SMP nya
menggambar dengan citra
Ootomo-sensei. Pada saat
bersekolah di tingkat XI,
Kishimoto merampungkan
sebuah manga pendek
sebanyak 31 lembar
halaman. Ketika manga
tersebut ditunjukkannya
pada adiknya, adiknya
hanya berkata bahwa
manga itu ‘jelek’.
Penasaran dengan
jawaban itu, Kishimoto
lalu menunjukkan manga
tersebut kepada ayahnya.
Jawaban yang diterimanya
dari beliau juga sama
dengan adiknya. Tak
menyerah sampai disitu,
Kishimoto mengirimkan
manga tersebut untuk
Jump Magazine Award.
Namun seperti yang dapat
diduga, ia gagal.
Kegagalan tersebut
memacu semangat
Kishimoto untuk terus
membuat komik, namun
acapkali dirinya gagal.
Hingga ia akhirnya harus
lulus SMA dengan
peringkat 38 dari 39 siswa.
Tak pelak hal ini juga
membuat Kishimoto
gelisah tentang masa
depannya. Namun hanya
satu tekad yang ia
pegang, ‘semua akan
berhasil’. Dengan tekad
inilah ia menggambar dan
terus mengirimkan
komiknya ke Jump
Magazine.
Akhirnya kerja keras tak
kenal lelahnya berbuah
manis. Komik pertamanya
yang dimuat oleh Jump
Weekly adalah ‘Karakuri’
pada tahun 1996.
Kemudian salah satu draft
(rancangan awal) manga
nya yang bercerita
tentang ninja remaja dari
desa Konohagakure yang
merupakan titisan siluman
rubah berekor sembilan
menarik perhatian para
editor Jump. Segera saja
manga tersebut dimuat
dan kita kenal sebagai
Naruto Uzumaki Series.
Kini, Kishimoto-sensei
dapat berbangga diri.
Keputusannya untuk tidak
mengubah jalur hidupnya
meskipun sedang
menghadapi jalan berliku
berbuah manis. Anime,
manga dan serial Naruto
adalah salah satu serial
anime paling populer di
dunia saat ini. Keuletan
Kishimoto telah
menjadikannya komikus
Jepang yang setara
dengan para idolanya.
Berikut biodata singkat
Kishimoto-sensei:
Nama : Masashi Kishimoto
Tempat / Tanggal Lahir :
Nagi, Okayama / 8
November 1974
Tempat Tinggal : Prefektur
Okayama
Saudara : Seishi Kishimoto
(36 tahun, adik kembar)
Tinggi / Berat : 170 cm / 57
kg
Karya :
Manga:
Karakuri one-shot (1996,
Hop Step Award
winner,dipublikasikan di
Hop Step Award Selection
18 (’95~’96) (1996),
Akamaru Jump Winter
(1997), dan Naruto: The
Official Premium Fanbook
(2009))
Naruto pilot (1997,
dipublikasikan di Akamaru
Jump Summer (1997) dan
Naruto: The Official
Fanbook (2002))
Karakuri (April 1998 – May
1998, dimuat di Weekly
Sh?nen Jump)
Naruto (November 1999 –
ongoing, dimuat di
Weekly Sh?nen Jump)
Bench one-shot (October
2010, dipublikasikan di
Weekly Sh?nen Jump)
Buku:
Naruto: First Official Data
Book
Naruto: The Official
Fanbook
The Art of Naruto:
Uzumaki
Naruto: Second Official
Data Book Ofisharu D?ta
Book (In Japanese)
Paint Jump: Art of Naruto
Naruto: Third Official Data
Book
The Art of Naruto: Naruto
Naruto: The Official
Premium Fanbook
Lain-lain :
* Tekken 6 (2009, Desainer
karakter)
Sumber= Biografi Masashi
Kishimoto, Pencipta Serial
Naruto
0 komentar:
Posting Komentar
Silakan berkomentar dengan sopan